Sedangkan Wokflow Management yang bersifast teknologi modern ini dapat membantu proses BPR dan untuk menintregrasikan pelaksanaan BPR, manajemen, dan teknologinya. Proses BPR dalam hotel itu sendiri dijabarkan dengan menyampaikan permasalah utama yang ada. Permasalahan utama di dalam hotel itu sendiri adalah bisnis proses yang masih bersifat task-oriented yang membuat tidak
adanya koordinasi antar divisi, dengan maksud lain divisi hanya menyelesaikan tugasnya masing-masing, tetapi tidak bertanggung jawab terhadap proses lain yang berkaitan dengan sistemnya. Selain itu, BP sudah diintegrasikan dengan software dan sangat sulit untuk mengubah software tersebut, padahal ketika terjadi perubahan BP, maka akan terjadi perubahan yang signifikan terhadap struktur
program. Untuk itu BPR hotel berorientasikan pelanggan. Bahasan kedua mengenai sistem workflow management dimana teknologi semakin berkembang pesat dan dibutuhkan sistem yang dapat beradaptasi dengan teknologi tersebut.
Implementasi BPR berdasarkan Workflow Management dari kasus hotel ini dilakukan dengan cara menganalisis bisnis proses sebelumnya (as-is), selain itu juga menganalisis sitem workflow yang sudah dilakukan. setelah kedua hal tersebut dilakukan, maka dianalisis bisnis proses yang dapat direkayasa dan diimplementasikan sesuai dengan workflow management. Hasilnya terlihat bahwa sistem dengan mengoptimalkan kedua hal tersebut akan terlihat lebih efisien dan flexible.
Penulis :
Wen
Yang1 and Hongjiang Chen2
1
School of Mechanical and Electrical Engineer, Jiangxi Science & Technology
Normal University, Nanchang, Jiangxi 330013, P.R. China
2
School of Mechanical and Electrical Engineer, Jiangxi Science & Technology
Normal University, Nanchang, Jiangxi 330013, P.R. China {Wen Yang,Hongjiang
Chen,hongjiangc}@163.com
|
|
Sangat informatif! Terima kasih, Nurul.
ReplyDelete